Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini

5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini
Kapan kamu mulai belajar bahasa Inggris? Saya sendiri mulai mengenyam pelajaran bahasa Inggris mulai SMP. Sewaktu SD belum mengenal bahasa Inggris hanya kata-kata sederhana saja yang tahu artinya.

Pelajaran bahasa Inggris yang hanya satu minggu sekali tersebut, tentu sangat sulit dipahami oleh saya dan murid lainnya. Jadi, saat SMP saya memutuskan mengikuti kursus bahasa Inggris supaya saat pelajaran Bahasa Inggris di sekolah lebih mudah memahami pelajaran. Tetapi, meskipun sudah mengikuti kursus, bahasa Inggris saya juga tidak lancar-lancar. Ya, bagaimana bisa lancar kalau sangat jarang sekali digunakan. Tetapi untungnya saya sedikit memahami tulisan bahasa Inggris. Semnetara untuk percakapan sering lupa kosakata yang ingin diucapkan


Sebagai bahasa Internasional, saat ini bahasa Inggris mulai diajarkan di tingkat sekolah dasar. Mau tidak mau sebagai orang tua kita juga perlu belajar dong supaya saat anak bertanya kita bisa menjawab pertanyaan tersebut. 


Saya ada sedikit cerita tentang penting Bahasa Inggris saat ini. Kebetulan handphone saya settingnya menggunakan bahasa Inggris. Beberapa waktu lalu ada seorang teman bertanya karena handphonenya bermasalah. Kemudian saya mengarahkan untuk mengecek bagian setingan hp. Tetapi teman saya ini tidak mengerti bahasa inggris. Saya pun bingung menjelaskannya, sementara saya pribadi kurang paham bahasa setingan dalam bahasa Indonesia. Akhirnya saya menjelaskan melalui gambar biar sama-sama tahu. Contoh simple yang baru saya tahu akhir-akhir ini adalah “Copy Paste”. Dalam bahasa Indonesia padanan katanya “Salin Tempel”.


5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris sejak Dini


1. Mempermudah komunikasi

Namanya kehidupan kita tidak akan ada yang tahu kedepannya. Mungkin saat ini kita tidak membutuhkan bahasa Inggris karena merasa tinggal di desa atau alasan lainnya. Tetapi, bisa saja suatu saat kita mempunyai rejeki pergi ke luar negeri. Sebagai muslim misalnya saja bisa mengunjungi Ka'bah. Dengan bekal bahasa Inggris yang kita punya tentu akan membuat kita lebih berani karena dengan bisa bahasa Inggris kita bisa bertanya kepada orang-orang di sana jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.


2. Menambah kepercayaan diri

Bagi saya mempelajari suatu ilmu itu tidak ada kata rugi. Mungkin saat ini belum butuh, tetapi suatu saat nanti pasti kita akan membutuhkan ilmu itu, entah untuk kita pribadi maupun untuk disampaikan pada orang terdekat kita. Dengan kita menguasai bahasa inggris, akan tumbuh rasa percaya diri kita bergaul dengan siapa pun. Karena kita bisa berkomunikasi dengan orang asing meskipun mereka tidak menguasai bahasa lokal kita.


3. Membuka peluang kerja

Dunia semakin berkembang pesat. Dengan internet kita bisa menjelajah sampai luar negeri termasuk menambah penghasilan. Tentu kita pernah dengar tentang “work from anywhere” yang artinya bekerja dimana saja berada. Mereka adalah para freelancer yang kebanyakan bekerja sama dengan partner dari luar negeri. Tentu saja bayarannya menggunakan dolar Amerika.

Syarat utama supaya bisa mendapat penghasilan dollar tentu menguasai bahasa inggris untuk berkomunikasi dengan pemberi kerja dari luar negeri. Yang menyenangkan bekerjasama dengan orang luar itu adalah mereka menghargai keahlian kita dengan bayaran yang pantas.


4. Bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri 

Jujur saya kadang merasa iri lho dengan keadaan saat ini. Meskipun biaya sekolah tinggi, namun banyak sekali beasiswa yang ditawarkan untuk mereka yang berprestasi dan memiliki kemampuan. Bahkan banyak diantara beasiswa itu datangnya dari luar negeri. Dulu sangat sedikit beasiswa yang ada, dan untuk mendapatkannya pun sangat sulit karena harus bersaing dengan banyak orang.

Dengan menguasai bahasa Inggris tentu akan mempermudah jalan  untuk bisa belajar di luar negeri karena salah satu syarat untuk bisa belajar di luar negeri adalah lulus TOEFL dengan skor yang sudah ditentukan.

5. Mengajari anak

Siapa bilang belajar bahasa inggris tidak berguna karena sudah berumur atau sudah tidak sekolah. Meskipun sudah lulus atau hanya sekedar di rumah, belajar bahasa inggris bisa digunakan untuk mengajari anak-anak kita saat mengerjakan tugas pelajaran bahasa Inggris. Malu dong masa saat anak bertanya, bahasa inggris nya ini apa, kita tidak bisa menjawab. Meskipun tidak bisa seluruhnya menjawab semua pertanyaan anak, paling tidak kita tahulah sedikit mengenai bahasa Inggris.


Cara Belajar Bahasa Inggris dengan mudah


1. Melalui lagu

Salah satu cara saya belajar bahasa inggris adalah melalui lagu berbahasa Inggris. Untuk menyanyikan lagu dengan benar tentu kita perlu membaca liriknya. Nah, dari sana secara perlahan kita mulai mengikuti nyanyian tersebut sambit membaca text bahasa Inggrisnya. Perlahan juga kita mulai tahu dan mengerti apa isi lagu tersebut.


2. Menonton Film dalam Bahasa Inggris

Tentu teman-teman pernah menonton film dalam bahasa Inggris dan ada terjemahan bahasa Indonesia di bawahnya. Dengan terbiasa mendengarkan bahasa Inggris,perlahan kita akan paham apa yang diucapkan dalam film tersebut tanpa perlu membaca terjemahan dalam bahasa Indonesia.


3. Membaca buku atau tulisan bahasa Inggris

Membaca buku atau tulisan bahasa Inggris akan membantu kita dalam belajar bahasa Inggris. Dengan semakin banyak mengenal kosakata dalam bahasa inggris, tentu kemampuan kita dalam berbahasa Inggris semakin baik. 


Dari berbagai uraian di atas, kita tahu manfaat belajar Bahasa Inggris sejak dini itu sangat banyak. Karena daya tangkap anak-anak saat menerima pelajaran lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa.


Posting Komentar untuk " 5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini"