Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting Afirmasi bagi Perempuan untuk Menjaga Kesehatan Mental

Penting Afirmasi bagi Perempuan untuk Menjaga Kesehatan Mental
Source : pixabay
“Lakukan afirmasi selama 2-3 hari sebelum tidur. Kemudian tulisankan di jurnal tentang apa hasil yang didapatkan setelah melakukan afirmasi.”

Meskipun beberapa kali pernah mendengar tentang afirmasi, tetapi saya belum tahu pasti apa arti kata tersebut. Saya baru mulai mencari tahu tentang afirmasi setelah kata ini menjadi tema tridop di ISB. 

Pengertian Afirmasi

Afirmasi menurut KBBI adalah penetapan yang positif, penegasan, peneguhan atau pengakuan yang sungguh-sungguh (di bawah ancaman hukum) oleh orang yang menolak melakukan sumpah. Dengan kata lain Afirmasi adalah suatu pernyataan yang kita sampaikan pada diri sendiri untuk menciptakan kondisi positif atau kondisi yang baik terhadap sesuatu.

Selain itu Catherine Moore, psikolog dari Psychology mengatakan kalau afirmasi positif adalah pernyataan positif yang digunakan untuk menyingkirkan pikiran negatif.

Kenapa perempuan perlu afirmasi

Kesibukkan perempuan terutama ibu rumah tangga yang seolah tiada habisnya terkadang membuat para perempuan lupa untuk mencintai diri sendiri. Apalagi ditambah dengan berbagai permasalahan yang dihadapi akan semakin menambah beban mental para perempuan. 

Selain itu bagi perempuan yang belum menikah banyak yang mengalami pembulian secara fisik, tentu akan mengganggu mental jika pembulian itu terlalu parah. Maka, perlu sekali afirmasi positif pada [perempuan supaya mereka merasa berharga dan dicintai.

Manfaat Afirmasi bagi Perempu

1. Meningkatkan Rasa percaya Diri

Kata-kata positif yang diucapkan terhadap diri sendiri bisa menumbuhkan rasa percaya diri seseorang. Misalnya saat kamu merasa tidak mampu, tetapi kamu lalu mengatakan setiap hari kalau kamu mampu melakukan, maka secara perlahan akan tumbuh rasa percaya diri untuk melakukan sesuatu yang sebelumnya ragu dilakukan.

2. Mengurangi pikiran negatif

Dengan afirmasi positif yang kita lakukan setiap hari akan semakin mengurangi bahkan menghilangkan berbagai pikiran negatif yang mungkin tumbuh dalam pikiran kita. Keyakinan akan kemampuan yang kita miliki akan mengubur pikiran yang tidak baik tersebut.

3. Lebih Menghargai diri sendiri

Kebiasaan mengungkapkan kata positif terhadap diri sendiri lama kelamaan akan membuat kita semakin memahami diri sendiri. Yang pada akhirnya kita akan lebih menghargai diri sendiri baik dari segi fisik maupun psikis.

4. Mencegah terjadinya perilaku buruk

Dulu saya pernah berpikiran buruk terhadap diri sendiri, seperti ingin menyakiti diri sendiri karena merasa saya sangat tidak berguna dan berbeda dengan orang lain. Namun, setiap merasakan hal tersebut saya berusaha menepisnya dan mengatakan sesuatu dalam hati saya kalau kamu tidak seperti itu.

Mungkin banyaknya kasus bunuh diri itu berawal dari pikiran negatif terhadap diri sendiri yang pada akhirnya berujung pada perbuatan buruk. Untuk itulah sangat perlu untuk membiasakan afirmasi positif pada diri sendiri.

5. Bermanfaat bagi kesehatan mental

Kesehatan mental sangat penting bagi perempuan terutama bagi ibu rumah tangga. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental perempuan adalah dengan cara melakukan afirmasi positif terhadap diri sendiri. Misalnya, “Kamu hebat, bisa menyelesaikan pekerjaan hingga selesai, kamu hebat bisa memasak menu ini. Serta kata-kata positif lainnya tersebut tentu akan menguatkan mental perempuan.

Meskipun afirmasi tidak bisa menyembuhkan gangguan mental, tetapi dengan afirmasi positif mampu menjaga kesehatan mental agar tidak semakin hancur.

6. Membantu mencapai tujuan yang ingin dicapai

Dengan rutin melakukan afirmasi terhadap diri sendiri, akan membantu diri kita memahami apa sebenarnya tujuan yang ingin kita capai. Setelah mengetahui tujuan yang ingin kita capai akan lebih mudah mengatur cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Hasil setelah melakukan afirmasi dan menulis dalam jurnal

Rasa lelah setelah seharian bekerja sering membuat saya abai dengan diri sendiri. Yang saya lakukan selama ini menjelang tidur adalah scroll handphone setelah lelah meletakkannya kemudian tertidur.

Sangat jarang saya mengucapkan sekedar rasa terimakasih terhadap diri sendiri setelah seharian bekerja. Yang ada rasa capek dan memikirkan kegiatan apa yang akan dilakukan besok.

Beberapa hari lalu saya sengaja mengatakan kalau saya hebat karena telah bisa berjuang sampai sejauh ini. Saya bersyukur dengan apa yang sudah saya capai dan miliki.

Selain itu juga saya setiap bangun tidur selalu berusaha berterima kasih terhadap diri sendiri dan bersyukur masih bisa bangun dengan sehat. Karena di luar sana masih banyak orang yang berjuang dengan rasa sakitnya.

Menulis dalam diary atau jurnal sangat membantu saya melakukan pekerjaan dalam satu hari karena selama ini hanya sekedar mengingat saja dalam hati kalau besok akan melakukan hal ini, tetapi besoknya lupa mengerjakan. Dengan menulis di jurnal akan menunjukan apa saja pekerjaan yang harus saya selesai dalam satu hari.

Nah, itu tadi sedikit cerita tentang pentingnya afirmasi pada perempuan untuk menjaga kesehatan mental, sehingga hidup lebih terarah dan bermanfaat. Kalau teman-teman punya pengalaman apa nih tentang afirmasi positif?



Posting Komentar untuk "Penting Afirmasi bagi Perempuan untuk Menjaga Kesehatan Mental"