Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan Digital Minimalism Supaya Hidup Tenang

Lakukan Digital Minimalism Supaya Hidup Tenang

Lakukan Digital Minimalism Supaya Hidup Tenang - Berapa aplikasi yang ada di ponsel dan berapa jam dalam sehari biasanya teman-teman menggunakan menggunakan media sosial? 

Disadari atau tidak, ketergantungan kita dengan handphone sudah bukan rahasia lagi. Jangankan satu hari tanpa melihat handphone. Baru juga beberapa menit, kita sudah melirik handphone kembali. Melihat apakah ada notifikasi penting yang masuk.

Keberadaan media sosial percaya tidak percaya telah mengurangi waktu kita untuk bersosialisasi secara offline. Apalagi bagi orang introvert seperti saya yang lebih nyaman berteman dengan teman online daripada offline.

Apalagi saat ini beberapa aplikasi media sosial menawarkan penghasilan. Ini seolah menjadi alasan untuk berlama-lama dalam menggunakan media sosial atau hp dengan alasan aktivitas ini bisa mendatangkan uang. Tetapi, benarkah semudah itu menghasilkan uang dari internet.

Memang benar, kita bisa mendapatkan uang dari suatu aplikasi, tetapi itu tidak mudah dan butuh perjuangan untuk bisa mendapatkan uang. Kalau hanya sekedar ikut-ikutan yang ada hasil yang didapatkan tidak sebanding dengan waktu yang sudah dihabiskan. Supaya kita tidak tergantung dengan media sosial maka sebaiknya melakukan digital minimalism.

Arti Digital Minimalism 

Digital Minimalism menurut Cal Newport adalah filosofi penggunaan teknologi di mana seseorang memusatkan waktu online nya hanya pada segelintir aktivitas yang telah ia pilih dengan cermat dan membawa manfaat bagi dirinya. 

Manfaat Digital Minimalism

1. Meningkat Konsentrasi

Jika terlalu banyak aplikasi dalam gadget kita, maka pikiran akan ikut terpecah belah untuk melihat beberapa aplikasi yang ada. Sehingga konsentrasi kita akan terpecah-pecah dengan banyaknya aplikasi itu. Aplikasi ini harus begini, aplikasi itu harus begitu. Kalau kita mengikuti semuanya, maka yang ada kita akan ikut pusing.

Dengan melakukan digital minimalism akan membuat kita fokus pada aplikasi yang ada di gadget saja. Apa yang ingin kita lakukan bisa kita lakukan sesuai dengan rencana.

2. Mencegah Fomo

FOMO (Fear of missing out) atau takut ketinggalan informasi tentang berita hangat atau yang sedang viral. Saat ini sedang musimnya fyp atau for your page, sehingga berita yang biasa saja ketika diunggah ke internet bisa saja viral. Apalagi ditambah komentar para netizen, akan semakin membuat suatu berita biasa menjadi hal yang luar biasa.

Digital Minimalism akan membantu secara perlahan untuk mengatasi FOMO pada seseorang. Dengan perlahan mengurangi penggunaan gadget akan menurunkan keinginan kita untuk mengetahui ada informasi viral apa yang ada di luar sana  

3. Meningkatkan aktivitas fisik

Selama ini mungkin kita tidak bisa lepas gadget lebih dari hitungan jam. Seolah ada yang menarik kita untuk melihat informasi apa yang ada di dalam gadget. Terlalu lama menggunakan gadget tentu saja akan mengurangi aktivitas fisik kita, kecuali kita menggunakan gadget untuk aktivitas fisik, misalnya mencontoh gerakan senam di youtube.

Tubuh yang kurang aktivitas tentu akan membuat tubuh kurang sehat. Karena kita terlalu banyak duduk dan menatap layar gadget. Akibatnya mata cepat lelah yang bisa menyebabkan pusing dan badan pegal-pegal. Dengan digital minimalism kita akan kembali kehidupan normal yang banyak menggunakan aktivitas fisik.

4. Mendapatkan tidur cukup

Kecukupan tidur rata-rata orang dewasa antara 6-8 jam setiap harinya. Karena keasyikan menggunakan gadget, maka banyak orang berkurang jam tidurnya. Saya pribadi rata-rata tidur kurang dari 6 jam setiap hari, seringnya hanya 5 jam. Kalau ini terus dilakukan, badan akan mudah capek dan pusing yang tentu akan berujung sakit jika diteruskan.

Digital minimalism bisa membantu kita mendapatkan kembali kecukupan tidur kita. Dengan membatasi penggunaan aplikasi di ponsel, maka waktu kita untuk menggunakan ponsel pun juga akan ikut berkurang. 

5. Menghemat uang

Sadar nggak sih sekarang ini banyak sekali aplikasi yang membuat kita boros. Mulai dari aplikasi marketplace, dompet digital dan aplikasi lain. Bayangkan kalau di hp kita ada 5 dompet digital saja, sudah berapa uang kita gunakan untuk mengisinya meskipun itu saldo minimal. Belum lagi aplikasi marketplace, kalau lihat barang murah dan bagus bawaannya pengen beli saja, ya kan.

Nah, dengan digital minimalism bisa membantu kita memilih aplikasi mana saja yang benar-benar kita butuhkan. Kalau saya pribadi hanya ada satu aplikasi marketplace dan gopay saja. Tidak tertarik untuk menginstall dompet digital lainnya. Untuk honor menulis pun, saya memilih menggunakan bank, meskipun ada potongannya. Namun, saya merasa cukup dengan aplikasi yang saya punya saat ini.

Lakukan Digital Minimalism Supaya Hidup Tenang

Cara melakukan Digital Minimalism

1. Pilih teknologi sesuai kebutuhan

Mungkin pada awalnya susah ya untuk menginstall aplikasi yang jarang kita gunakan. Seperti saya yang selalu penasaran dengan suatu aplikasi kemudian menginstalnya. Namun, setelah memiliki akun, bingung untuk mengembangkannya. Jadi, mau tidak mau aplikasi itu harus di uninstall daripada membebani hp dan juga pikiran.

2. Mematikan notifikasi 

Salah satu cara supaya kita tidak terganggu dengan bunyi hp yang setiap ada notifikasi suatu aplikasi selalu berbunyi, maka matikan notifikasi dari aplikasi. Biasanya saya akan mengaktifkan mode mute untuk grup di whatsapp maupun telegram.  

3. Batasi penggunaan handphone

Sulit untuk memulai bukan berarti tidak bisa kan. Membatasi penggunaan handphone memang akan terasa sulit pada awalnya. Apalagi bagi mereka yang mempunyai penghasilan dari handphone. Namun, membatasi bukan berarti tidak menggunakan handphone sama sekali. 

Jika selama ini kita menggunakan handphone setiap saat, sehingga terkadang mengganggu konsentrasi kita, maka mulailah untuk membatasi penggunaan handphone. Misalnya membatasi penggunaan handphone tidak lebih dari jam 12 malam. Supaya kita bisa tidur pulas dan tidak telat bangun esok harinya. 

4. Lebih aktif dalam dunia offline

Percayalah dunia offline itu jauh menyenangkan daripada dunia online. Di dunia online itu yang terlihat cantik belum tentu kenyataannya, karena sekarang handphone sudah dilengkapi kamera dan filter yang canggih. Jadi, jangan mudah tertipu dengan apa yang ada di online.

Tak ada salahnya kita kembali aktif ke dunia offline, misalnya hangout bersama saudara atau teman ke mall atau tempat pariwisata. Ngobrol dengan tetangga atau saudara pasti akan seru lho, tetapi ingat jangan gibahin orang lain ya.

5. Menemukan kesenangan baru

Selama ini waktu senggang kita gunakan untuk melihat handphone. Cobalah sesekali melihat handphone hanya untuk melihat ada notifikasi penting atau tidak setelah itu letakkan dan cari kegiatan baru yang lebih menarik. Misalnya olahraga bagi yang ingin menurunkan berat badan, menanam bunga bagi yang suka berkebun atau kegiatan lainnya.

Dengan adanya kesenangan baru maka akan penggunaan handphone juga akan berkurang.

Bagaimana teman-teman? Sudah siapkah melakukan digital minimalism supaya hidup tenang. Yuk, mulai pilih aplikasi yang berguna dan buang aplikasi yang jarang digunakan apalagi aplikasi yang tidak berguna. Semoga kita semua bisa memanfaat teknologi dan gadget untuk kebaikan.




Posting Komentar untuk "Lakukan Digital Minimalism Supaya Hidup Tenang"