Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sedekah Tak Selalu Harus Materi

Sedekah Tak Selalu Harus Materi

“Tangan di atas lebih baik dari pada di bawah”

Saya berusaha untuk melaksanakan prinsip di atas, yang artinya lebih baik memberi dari pada menerima. Memberi dengan ketulusan hati atau bisa disebut sedekah tidak selalu harus materi, namun kita juga bisa memberi non materi kepada orang lain.

Sebagai seorang muslim, saya menyadari kalau dalam harta yang kita miliki ada sebagian hak orang lain. Maka, saya mengeluarkan sedekah, untuk mensucikan harta tersebut. Dalam bersedekah materi, saat ini saya lebih fleksibel menggunakan secara online melalui lembaga yang terpercaya. Alasannya sih bisa menjangkau lebih luas, tidak hanya di lingkungan sekitar saja. 

Surat Al-Baqarah ayat 245:

“Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan rezeki dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan”

Pengertian Sedekah

Sedekah adalah perbuatan baik yang dilakukan umat muslim sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Keutamaan Sedekah

1. Bentuk Keimanan

Besar maupun kecil sedekah kita itu sudah termasuk bentuk keimanan. Dengan kita bersedekah, berarti kita tahu kalau di dalam harta kita ada hak orang lain yang perlu kita berikan pada orang lain terutama pada fakir miskin dan kaum duafa.

Hal ini pun sudah tertulis dalam Alquran QS Al-Baqarah ayat 2 dan 3, yang artinya

“ Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya: petunjuk bagi mereka yang bertakwa, yaitu mereka yang beriman kepada yang ghaib, melaksanakan shalat, dan Menginfakkan sebagian rezeki yang kami berikan kepada mereka.”

2. Pahala Mengalir

Salah satu pahala yang terus mengalir meskipun kita sudah tidak ada di dunia adalah sedekah. Untuk mendapatkan pahala yang terus mengalir, kita perlu hati yang ikhlas saat bersedekah. Saat sudah terbiasa bersedekah akan tumbuh rasa syukur atas segala apa yang Allah berikan pada kita. Dengan rasa syukur tersebut, Allah SWT akan memberikan imbalan yang lebih banyak dari apa yang sudah kita sedekahkan.

3. Sarana mensucikan diri

Dengan bersedekah, kita akan mendapatkan pahala. Selain mendapatkan pahala, sedekah juga bisa untuk mensucikan diri. Karena salah satu cara untuk menghapus dosa adalah dengan bersedekah. Namun, bukan berarti dengan sedekah saja, dosa kita bisa dihapus, tetapi kita juga perlu benar-benar bertaubat dan melaksanakan amalan wajib yang lain supaya niat mensucikan diri bisa terkabulkan.

4. Harta akan Bertambah

Bersedekah materi kalau dilihat dari mata memang akan mengurangi harta kita. Begitu juga kalau kita bersedekah non materi, bisa mengurangi waktu kita. Tetapi, yang kita dapat dari sedekah baik materi maupun non materi jauh lebih banyak dengan apa yang sudah kita keluarkan.

Sedekah materi akan membuat harta kita menjadi berkah. Dibelanjakan pun bisa memberi manfaat bagi kita. Begitu pula saat kita bersedekah non materi, kita juga akan mendapatkan balasan lebih banyak dari apa yang sudah kita berikan kepada orang lain.

Semakin banyak kita bersedekah, maka akan semakin banyak pula berkah yang didapatkan. Selain mendapat berkah, kita juga akan mendapat pahala yang terus mengalir dari sedekah yang kita telah keluarkan. Jadi, jangan takut untuk bersedekah.

Bentuk-bentuk sedekah non materi

Jika dalam hidup kamu kekurangan atau pas-pasan tetapi ingin berbagi tidak perlu khawatir karena sedekah atau memberi kepada sesama tidak harus berupa materi. Kita bisa memberi bantuan non materi, seperti:

1. Ilmu

Salah satu amal jariyah yang pahala nya terus mengalir meskipun kita sudah meninggal adalah ilmu yang bermanfaat. Selama ilmu yang kita berikan pada orang lain terus digunakan, maka kita tetap mendapatkan amalannya.

Selain itu berbagi ilmu kepada orang lain berarti akan semakin ingat dengan ilmu itu. Biasanya ilmu jika lama tidak digunakan, lama kelamaan kita akan lupa. Nah, dengan membagikan ilmu pada orang lain membantu kita untuk selalu mengingatnya.

Tak ada ruginya berbagi ilmu. Karena ilmu itu tidak ada habis masa nya. Ilmu akan selalu ada dan bertambah. Jadi, jangan takut bersedekah ilmu, karena kita pun akan memperoleh ilmu lain yang lebih bermanfaat.

2. Tenaga

Tidak punya materi dan ilmu tetapi masih ingin bersedekah. Tenang saja kita masih bisa kok bersedekah dengan tenaga yang kita miliki. Misalnya ada tenaga sedang memperbaiki rumah, kamu bisa datang membantu tetangga tersebut. Kalau di desa biasanya kalau ada yang membongkar rumah, tetangga dengan suka rela datang membantu. Secara tidak langsung kita sudah bersedekah tenaga.

Bukan hanya saat tetangga memperbaiki rumah kita bersedekah tenaga. Kita juga bisa bersedekah tenaga dengan perbuatan kecil seperti mendorong motor atau mobil yang tidak kuat menanjak, membantu menyeberangkan jalan dan bantuan tenaga lainnya.

Dalam sedekah tenaga ini saya mempunyai prinsip, selagi saya mampu menolong, saya akan bantu semampunya. Namun, jika saya tidak mampu menolong, maka saya akan memberi tahu atau mengarahkan kepada orang yang lebih mengerti.

3. Senyum

Jika materi dan non materi tidak ada untuk disedekahkan, maka kita bisa bersedekah dengan senyum. Yes, senyum kita yang tulus juga termasuk sedekah. Hal ini terdapat dalam hadits, yaitu:

“Senyum manismu di hadapan saudaramu adalah sedekah.”(HR Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Baihaqi)

Senyum saja termasuk sedekah, masa kita tidak mau melakukannya. Padahal dengan tersenyum akan membuat wajah kita berseri dan terlihat awet muda. 

Banyak tulisan yang sudah menulis tentang manfaat sedekah dan kita juga sudah membuktikan balasan apa yang kita terima saat mengeluarkan sedekah. JIka, tidak mempunyai materi untuk sedekah, kita bisa bersedekah dengan non materi. Karena sedekah tidak harus materi. Yuk, kita sedekah!




Posting Komentar untuk "Sedekah Tak Selalu Harus Materi"